Minggu, 27 Desember 2015

Grojogan Sewu Tawangmangu

Rio Bayongbong - Tawangmangu adalah satu diantara obyek wisata favorite di Solo/Surakarta. Tawangmangu menaruh sejuta misteri serta keindahan alam lantaran ada di segi barat lereng Gunung Lawu atau Gunung Sewu. Dengan cara gegografis, Tawangmangu adalah nama Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Butuh dicatat, itu Karanganyar yang di Solo serta bukanlah Karanganyar Kebumen. Tawangmangu ada di ketinggian 1200 mtr. dpl hingga udaranya sangatlah sejuk serta pas untuk berwisata menyingkirkan capek. Dengan cuca seperti ini, dataran tinggi Tawangmangu serupa seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung. Tempat Wisata di Garut

Mulai sejak masa penjajah Belanda, Tawangmangu yang jadikan Grojogan Sewu juga sebagai obyek wisata unggulan, sudah terkenal oleh orang-orang Solo. Tawangmangu berjarak 37 km di samping timur kota Solo/Surakarta. Dapat ditempuh dengan perjalanan darat sepanjang 1-1. 5jam. Bila dengan kendaraan umum, anda dapat memakai bis jurusan Tawangmangu dari terminal Tirtonadi. Dari terminal tawangmangu anda dapat pilih memakai angkutan lagi atau jalan kaki menuju gerbang Grojogan Sewu. Perjalanan darat sepanjang lebih kurang 1, 5 jam dari terminal Solo telah jadi daya tarik sendiri. Panorama indah areal persawahan di kiri serta kanan jalan siap menegur demikian masuk lokasi Karanganyar.

Grojogan Sewu adalah object wisata favorite di Tawangmangu serta telah jadi ikon Tawangmangu. Liburan di Tawangmangu tidak komplit bila cuma lihat Grojogan Sewu saja. Bila punyak banyak waktu senggang, luangkan berkunjung di penginapan serta nikmati keindahan serta kesejukan Tawangmangu. Lihat situasi perkebunan serta kehidupan orang-orang seputar di suasan yang sejuk dapat menyingkirkan kepenatan kebiasaan kerja. Tawangmangu juga populer dengan produksi sayur serta buah-buahan fresh. Sawah-sawah luas terbentang banyak yang ditanami sawi, wortel, lobak, strawberry, serta bermacam hasil bumi yang lain.

Grojogan Sewu berarti Air Terjun Seribu. Air terjun itu terdapat di rimba lindung seluas 20 hektar. Air terjun dari ketinggian 81 mtr. bikin Grojogan Sewu jadi panorama eksotis serta indah. Untuk menaikkan daya tarik Grojogan Sewu, pihak pengelola juga bikin sarana wisata penunjang serta pas untuk acara enjoy atau petualanan. Di seputar Grojogaj Sewu anda dapat temukan flyinf fox, arung jeram (rafting) mini, playground, outbond, arena pancing, taman jalan raya, serta kereta pohon.

Butuh dingat, Rimba Lindung serta Grojogan Sewu yaitu kerajaan kera. Banyak kera liar berkeliaran di pohon-pohon rimba lindung Tawangmangu. Tidak tidak sering kera-kera ini berbuat jahil pada pengunjung dengan merebuat makanan, topi, bahkan juga ponsel anda.
Akses ke Tawangmangu

Untuk mensupport keringanan akses ke Tawangmangu, pemerintah daerah sudah bikin perbaikan jalur transportasi dengan lakukan perawatan jalan serta pembangunan jalan baru lintas provinsi dari Tawangmangu sendiri yang ada di Jawa Tengah ke arah Magetan Jawa Timur. Jalan tembus itu melalui perbukitan serta melintas di tengah-tengah tempat pertanian yang asri dengan panorama elok di kiri serta kanan selama jalan itu.
Renovasi pasar untuk Pasar Wisata

Di terminal Tawangmangu, ada pasar yang dulunya masih tetap tradisional dengan kesan kumuh serta tak menarik. Untuk menaikkan daya tarik Grojogan Sewu serta Tawangmangu, pasar Tawagnmangu direnovasi keseluruhan jadi bangunan megah Pasar Wisata Tawangmangu. Di pasar wisata itu anda dapat beli buah-buhan fresh khas Tawangmangu, sayur-mayur, ataupun souvenir khas Tawangmangu.

Tawangmangu juga sebagai lokasi obyek wisata terpadu juga berdekatan dengan tempat wisata lain seperti Air terjun Pringondani, Puncak Lawu, Sentra tanaman hias di desa Nglurah, serta Bumi Perkemahan. Dari Tawangmangu, anda dapat juga mengawali pendakian ke Puncak Lawu dari Pos Cemorokandang. Atau anda dapat juga melanjutkan berwisata ke obyek wisata Telaga Sarangan di segi timur Gunung lawu. Telaga Sarangan masuk lokasi Magetan (Jawa Timur) serta dapat dibuka lewat jalan tembus baru.

Sate Kelinci di Tawangmangu

Makanan yang paling populer di Tawangmangu yaitu sate kelinci. Daging kelinci memanglah agak alot tetapi mempunyai serat daging yang lembut. Dipadukan dengan sambal kacang, irisan cabe serta bawang merah, di sajikan berbarengan lontong jadi santapan lezat. Menurut beberapa pakar, daging kelinci rendah cholesterol serta mempunyai banyak faedah untuk kesehatan.

Daging kelinci memiliki kandungan zat yang dimaksud senyawa kitotefin. Senyawa itu jika dipadukan dengan omega 3 serta 9 dipercaya dapat untuk pengobatan asma. Sebagian orang sudah meraskaan bahwa daging kelinci juga bermanfaat turunkan kandungan gula untuk beberapa pasien diabetes, sesaat otaknya bermanfaat juga sebagai penyubur kandungan wanita.
Jadwal Jam Buka Tawangmangu

Senin – Ahad pk 08. 00 – 16. 00 WIB
Libur Idul Fitri pk 06. 00 – 18. 00 WIB

Harga Ticket ke Tawangmangu
Pengunjung domestik : Rp 18. 000, -
Pengunjung mancanegara : Rp 18. 000, -
Pelajar : Rp 9. 000, - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar